30 May 2016

Inilah khasiat bumbu masakan



Indonesia sebagai negara tropis, sangat kaya akan rempah-rempah. Dilihat dari literatur rempah-rempah itu sendiri, dikenalkan dari para pedagang India yang datang ke Indonesia. Dari ragamnya banyak sekali jenis rempah yang diketemukan. Berbagai rempahnya, berlainan pula manfaat kegunaannya.

Rempah dan bumbu seringkali digunakan sebagai pemberi cita rasa dan penambah aroma pada masakan. Selain itu, ternyata sejak jaman dahulu digunakan juga sebagai obat penyembuh berbagai penyakit.

Rempah-rempah, materi alami yang biasa digunakan di kuliner Indonesia sebagai bumbu dapur ragamnya terdiri dari rempah daun, disebut herba, digunakan terutama untuk memberikan aroma pada makanan. Sedangkan spices berupa biji, bunga, dan buah, dimanfaatkan untuk memberikan rasa pada makan.

Berikut ini, manfaat dan khasiat dari beberapa herba dan spices yang berasal dari Indonesia.

Aneka Herba dan Spices
Sebenarnya herba juga banyak sekali digunakan di Negara-negara lain. Tetapi ada beberapa jenis herba yang digunakan untuk masakan Indonesia, diantaranya :

Bay leaves atau Daun Salam
Rempah ini berbentuk daun yang biasanya dikeringkan. Digunakan untuk membuat kaldu sup, stew, atau jenis masakan Indonesia lainnya. Sebagai tanaman obat sangat baik digunakan untuk menyembuhkan diare, kencing manis, sakit maag, mabuk akibat alkohol, dan kudis.

Oregano
Adalah rempah daun sangat terkenal untuk masakan Eropa terutama untuk masakan Italia seperti Spaghetti, pizza, lasagna. Oregano jarang dipakai untuk pembuatan kaldu, terutama pada jenis kaldu jernih karena dapat memperkeruh warna kaldu. Penggunaan jenis rempah yang satu ini sangatlah tidak baik bagi orang yang bermasalah dengan kolesterol. Sebaliknya, konon katanya rempah jenis ini baik sekali dikonsumsi oleh orang yang memiliki darah rendah.

Ginger/Jahe
Spice berupa akar dengan aroma khusus yang tajam. Banyak digunakan untuk memberi aroma dan cita rasa pada makanan. Selain bermanfaat untuk masakan, jahe juga sangat baik dikonsumsi untuk meringankan batuk dan melegakan pernafasan.

Kunyit
Sejenis akar yang digunakan untuk memberi warna dan rasa pada masakan. Peranannya dalam menyembuhkan suatu penyakit juga sangat kuat. Yang jelas, kunyit dikenal efektif sebagai obat multiguna, diantanya mencegah berbagai peyakit.

Lada Hitam dan Lada Putih
Merupakan spices yang dikeringkan, bermanfaat untuk memberikan rasa dan aroma pada makanan. Lada hitam memiliki mutu lebih baik dari pada lada putih peranannya dalam pengobatan adalah untuk asam urat, sakit kepala, dan sebagai karminatif.

Kapulaga
Sering digunakan untuk makanan dengan bumbu kari. Meski jarang digunakan sebagai pendamping bumbu masak, namun perannya dalam pengobatan juga sangat berkhasiat. Seperti untuk masalah kejang perut, reumatik, demam (panas), batuk, pencegah mual, menambah nafsu makan, bau badan, radang amandel, gangguan haid, influenza, radang lambung, dan sesak nafas.


Rempah yang kaya jenisnya, bukan hanya jitu menambah aroma pada masakan, melainkan berkhasiat untuk obat-obat tradisional. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba khasiat dari beberapa jenis rempah di atas.





Sumber: dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *