22 February 2016

Khasiat hebat ginseng merah



Korea sudah lama dikenal sebagai Negara yang menjadi gudang herbal dunia. Salah satu tanaman herbal yang terkenal dari Korea adalah ginseng merah yang kaya khasiat. Karena itu, Korea sering juga disebut sebagai Negeri Ginseng.

Dibanding dengan ginseng jenis lain, ginseng merah mengandung lebih banyak ginsenoside, yaitu zat aktif utama pada ginseng. Ginsenoside memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon manusia. Inilah yang membuat ginsenoside dapat membantu mengendalikan aktivitas hormone dan menstabilkan kinerja saraf. Selain itu, ginsenoside juga dapat memengaruhi tekanan darah, produksi insulin, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan lain dalam ginseng merah yang sangat berkhasiat adalah panaxydol, panaxynol, panaxytriol, yaitu berperan sebagai anti kanker.

Menurut Prof. Dr. Dong-Kwon Rhee, President The Korean Society of Ginseng School of Pharmacy, Sungkyunkwan University, ginseng ini baik dikonsumsi untuk pencegahan kanker ataupun untuk pengobatan kanker.

Efek anti kanker pada ginseng merah ini dapat menekan sel-sel kanker berbeda, memperkuat potensi agen antikanker, menghambat metastasis dan resistensi terhadap agen antikanker, merangsang aktivitas sel-sel pembunuh alami, dan merangsang fungsi kekebalan tubuh.

Di kesempatan yang sama, Dr. Jusuf Kristianto, MM, MHA, MQIH. PhD, dosen manajemen rumah sakit FKUI dan dosen dan peneliti kesehatan Kementrian Kesehatan RI mengatakan, ginseng merah dari Korea selain baik untuk antikanker juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit, menambah energi dan stamina (termasuk bagi para penderita AIDS), serta sangat baik untuk detoksifikasi. 

Sebenarnya, ginseng merah ini memang baik untuk semua penyakit. Tapi, tentu bagi yang sakit, mengonsumsinya harus konsultasi dengan dokter. Dibandingkan dengan ginseng jenis lain, ginseng merah lebih aman dikonsumsi. Kalau jenis lain bisa bikin panas dalam, jenis ini tidak.

Dr. Jusuf menambahkan, meski ginseng merah tidak mengandung racun dan aman dikonsumsi siapapun, sebaiknya konsumsi ginseng secukupnya sesuai anjuran. “Dosis amannya 100-200mg dalam seminggu. Ini efeknya sudah sangat berasa kok. Kalau dalam kondisi sehat, biasanya orang-orang usia muda mengonsumsinya untuk meningkatkan stamina tubuh. Sedangkan, pada usia lebih lanjut untuk meningkatkan metabolisme,” kata Dr. Jusuf.

Berdasarkan hasil riset pasar, gingseng merah adalah ginseng yang paling efektif di pasaran, karena ginseng merah Korea memiliki efek menyehatkan pada tubuh manusia, dari meningkatkan pikiran hingga merangsang libido.

Ginseng merah Korea menawarkan berbagai mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tumbuh 100 persen organik dan mengubah ginseng korea menjadi ginseng merah Korea adalah sebuah proses panjang yang mengambil waktu bertahun-tahun, karena faktanya butuh enam tahun agar ginseng tersebut dapat tumbuh dewasa dengan ukuran dan konsistensi yang diperlukan. Untuk alasan inilah sehingga ginseng merah Korea dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari ginseng yang tumbuh di tempat lain. Alasan lain adalah ginseng merah Koea mengandung elemen aktif dalam jumlah tinggi. Dan karena mengandung jumlah ginsenosides tiga kali lebih tinggi dan ditanam tanpa menggunakan pestisida berbahaya, manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh ginseng ini mungkin membuat ginseng merah Korea layak dibayar mahal.

Nutrisi yang dikandung oleh ginseng merah:
  • Mengandung vitamin, asam amino, minyak esensial dan enzim alami, ginseng merah Korea juga menawarkan kandungan mineral yang tak tertandingi.
  • Mengandung 42 mineral alam, ginseng merah Korea memberikan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat ginseng merah untuk eredakan stres dan kelelahan:
  • Semua jenis ginseng diklasifikasikan sebagai adaptogen, yang berarti bahwa herbal beradaptasi untuk mengatasi ketidakseimbangan apapun yang ada dalam tubuh, apakah itu infeksi, stres atau kurang tidur.
  • Ginseng merah Korea dapat diambil untuk memerangi kelemahan dan menambah energi ekstra untuk kinerja atletik.
  • Ginsenosides, yang ditemukan dalam ginseng merah Korea, juga dihargai karena kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi mental dan mengurangi kelelahan mental. Ginsenosides diyakini bekerja sebagai adaptogen alami di dalam tubuh, yang berarti bahwa mereka memungkinkan tubuh untuk beradaptasi dengan stres secara alami.
  • Ginseng merah Korea dikatakan bekerja pada sistem saraf sebagai obat penenang alami dan diyakini juga dapat meningkatkan fungsi metabolisme.

Manfaat untuk organ seksual:
  • Meningkatkan kadar testosteron alami serta aliran darah ke penis, mungkin efek yang paling dikenal luas dari ginseng merah Korea adalah efeknya dalam meningkatkan libido pada kelenjar seks pria.
  • Ginseng juga telah ditemukan merangsang produksi estrogen pada wanita, mereka yang berada di tahap awal menopause dapat mengambil manfaat dari suplementasi diet dengan ginseng merah Korea.

Manfaat lainnya:
  • Ginseng merah Korea diyakini dapat memperkuat kekebalan karena vitamin alami dan kandungan mineral dan dapat digunakan sebagai racun alami.
  • Ginseng merah Korea mengurangi tingkat kortisol dalam aliran darah, yang berguna untuk penderita diabetes, karena kortisol mengganggu produksi insulin.
  • Ginseng dalam dosis tinggi mengurangi tekanan darah, ginseng merah Korea mungkin sangat bermanfaat bagi individu dengan hipertensi. Sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam ginseng merah Korea dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis tanpa menggunakan steroid.

Rekomendasi dosis pemakaian yang baik:

Seperti yang direkomendasikan dalam buku, “Prescription for Nutritional Healing,” ginseng merah Korea harus dikonsumsi selama 15 sampai 20 hari, diikuti dengan masa istirahat selama dua minggu.





Sumber: dari berbagai sumber.


2 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *