24 August 2015

Manfaat teh berdasarkan jenisnya



Teh selain dapat dijadikan jamuan untuk tamu, teh rupanya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, teh juga memiliki beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda pula, sehingga jenis teh apapun yang Anda pilih akan selalu baik untuk tubuh.

Beberapa jenis teh yang tersedia di pasaran untuk dikonsumsi meliputi teh hijau, teh putih, teh hibiscus hingga teh kamomil, yang merupakan bahan teh herbal dan mengandung flavonoids, bahan utama yang melawan kanker dan merelaksasi saraf. Tidak hanya kanker, teh juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan kafein pada teh memiliki kadar yang lebih rendah dibandingkan kopi. Teh juga kaya akan polyphenols yang mengandung flavonoids dan theanin, terutama jenis teh yang langsung diekstrak dari daunnya daripada jenis teh kemasan yang sudah memiliki tambahan ekstra kalori dan pemanis buatan. 

Nah, berikut adalah jenis teh dan manfaatnya:

Teh hijau
Teh hijau atau green tea selain dapat berguna untuk menurunkan berat badan, ternyata juga dapat menurunkan risiko pertumbuhan kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas hingga usus. Hal tersebut dikarenakan, teh hijau memiliki kandungan antioksidan.

Teh putih
Teh putih tidak mengalami proses fermentasi dan dipercaya memiliki kandungan antikanker tersolid dibandingkan dengan jenis teh lainnya yang sudah melalui proses pengolahan.

Teh oolong
Teh oolong sanggup menurunkan kadar kolesterol dan dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan dengan dikonsumsi secara rutin.

Teh pu-erh
Teh pu-erh terbuat dari daun teh yang sudah difermentasikan dan juga berumur. Bahkan, seringkali teh pu-erh dianggap sebagai teh hitam yang dapat membantu dalam menjaga keseimbangan berat badan serta mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.

Teh hitam
Teh ini adalah jenis teh yang lebih teroksidasi daripada teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Di dunia barat, teh hitam seringkali dicampur dengan beberapa jenis daun dan menghasilkan beberapa varian minuman teh hitam. Setelah daun teh dipetik, dilakukan proses fermentasi penuh hingga daun berwarna gelap atau kehitaman. Dengan campuran tertentu, teh hitam bisa mengandung rasa buah dan bahkan rasa pedas. Teh hitam juga dapat melindungi paru-paru dari kerusakan akibat paparan asap rokok dan menurunkan risiko stroke. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah.

Teh chamomile
Teh chamomile tergolong teh yang dibuat dari bunga-bungaan, sama seperti teh bunga lavender. Bunga chamomile memiliki aroma yang sangat harum dan termasuk ke dalam keluarga daisy. Teh ini membantu mengatasi masalah sakit gigi, insomnia, kram otot, dan membantu mengurangi pembengkakan (inflamasi) pada iritasi kulit. 

Teh kuncup mawar
Seperti namanya, teh jenis ini terbuat dari kuncup atau kuntum bunga mawar. Teh ini memiliki aroma mawar yang sangat harum serta rasa yang ringan namun manis. Teh biasanya diseduh dengan beberapa jenis teh yang lain. Minyak atsiri (esensial) di dalam teh ini dapat membantu proses sirkulasi di dalam tubuh.

Teh paraguay mate
Teh ini dikenal sebagai mate, kurang begitu dikenal di wilayah Asia, namun merupakan salah satu minuman kegemaran di wilayah Amerika Selatan. Paraguay Mate</em> diseduh dengan berbagai rempah-rempah dan diminum dengan cara dihirup menggunakan sedotan yang terbuat dari buah labu. Teh ini bermanfaat dalam membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan termasuk depresi, gangguan pencernaan, dan membantu meningkatkan energi serta stamina.

Teh susu
Sebenarnya ada beberapa macam, namun yang paling dikenal adalah seduhan teh susu ala India dan Srilanka, yang terbuat dari teh hitam dicampur rempah-rempah dan susu. Rempah-rempah yang dicampurkan diantaranya adalah jahe, kapulaga, dan kayu manis. Selain itu, minuman teh ini acapkali juga dicampur dengan jenis teh lain seperti teh hijau, sehingga kandungan nutrisi dan manfaatnya terhadap kesehatan sangat besar.

Teh merah
Teh merah merupakan minuman tradisional di Afrika dan sangat kaya akan antioksidan. Teh jenis ini telah terbukti membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan bebas kafein.

Teh wild holy
Teh ini bukanlah jenis teh yang bisa dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Rasanya sangat pahit, dan memang ditujukan sebagai minuman pengobatan. Teh ini memiliki sederet daftar manfaat dan fungsi dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, di antaranya adalah mengeluarkan racun di dalam tubuh (detoksifikasi), membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan mengatasi obesitas.

Teh lavender 
Teh ini akan mempromosikan relaksasi dan menenangkan pikiran dan tubuh.

Flavored tea 
Teh Flavored adalah dibuat dengan menambahkan rempah-rempah, bunga, dan aroma, atau teh yang dibumbui. Banyak tersedia dalam berbagai variasi, termasuk rasa blueberry, kayu manis, kulit jeruk, dan lavender. Teh ini dipasangkan dengan daun teh hitam, teh hijau, atau teh putih, memiliki antioksidan dan manfaat kesehatan yang sama. Teh flavored dengan tambahan buah-buahan super seperti blueberry mengandung kadar antioksidan yang tinggi.

Teh kapulaga (Cardamom Tea)
Teh kapulaga umumnya digunakan untuk meringankan gas, perut kembung, dan kram pada perut. Teh ini terbuat dari biji kapulaga, yang juga bisa bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan.

Teh ginseng (Ginseng Tea)
Teh ginseng dikenal sebagai teh herbal penyembuh segala penyakit. Teh ini terbuat dari akar tanaman ginseng. Teh ginseng dilaporkan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, memulihkan libido, bahkan mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu.

Teh bunga rosela 
Bunga rosella yang telah dikeringkan dan diseduh menjadi secangkir teh yang bercitara rasa sedikit asam ini mampu mengatasi batuk, asam urat, kolesterol, hipertensi, radikal bebas, dan penyegar (tonik). Selain itu, berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan ilmuwan Sudan, rosela merah juga  berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang saluran pernapasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri. Juga baik untuk perokok karena dapat mengurangi dampak negatif dari nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA. Mengandung 18 asam amino dari 22 jenis yang dibutuhkan tubuh manusia, 2 diantaranya asam esensial (Agrinine dan Lysine) yang berfungsi memacu pertumbuhan syaraf dan hormon, berkhasiat mempertahankan awet muda. Sangat baik bagi ibu hamil karena mengandung DHA dan OMEGA-3. Jika dikonsumsi menjelang melahirkan dapat terhindar dari pendarahan dan Bagi anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan otak.

Teh genmaicha
Teh genmaicha adalah teh yang beraroma harum dan sangat populer di Jepang. Teh ini di buat dari teh hijau yang bercampur butiran beras yang dipanggang sehinga menghasilkan aroma seperti nasi gosong yang gurih dan sedap saat diseduh, aromanya hampir mirip dengan aroma popcorn sedangkan warna tehnya hijau pucat cenderung bening.Teh hijau asal negeri sakura ini paling baik diminum saat siang hari. Komposisi teh hijau dalam genmaicha kaya akan kandungan catechin/tannin (polifenol yang ampuh sebagai antioksidan). Catechin ini terekstrak paling optimal dalam air bersuhu 75-80 derajat C.

Teh Kuning
Sebutan untuk teh berkualitas tinggi yang disajikan di istana kaisar atau teh yang berasal dari daun teh yang diolah seperti teh hijau tapi dengan proses pengeringan yang lebih lambat. Nah manfaatnya nih Mempercepat metabolisme tubuh, memperbaiki pencernaan, merangsang pemecahan lemak dalam tubuh, dan membersihkan tubuh dari racun.

Teh Peppermint
Nah, buat kamu yang punya masalah pencernaan, kamu harus minum teh peppermint. Penelitian menunjukkan bahwa teh ini menimbulkan efek relaksasi pada pencernaan. Teh peppermint yang rasanya seperti balsem menthol ini mengurangi kontraksi otot perut yang meningkat akibat iritasi di usus.

Teh hibiscus 
Teh yang dapat menurunkan darah tinggi.

Teh echinacea 
Teh yang baik untuk mengobati flu.






Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *