18 May 2015

Manfaat pepaya mentah bagi kesehatan tubuh



Pepaya memang dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang jika dalam bahasa Jawa disebut kates, sedangkan dalam bahasa Indonesia di sebut pepaya ini memang baik dimakan setelah buah tersebut masak, atau daging buahnya berubah berwarna orange.

Tapi, ternyata kates atau pepaya muda juga sangat baik loh di konsumsi. Bahkan, diketahui pepaya muda mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, magnesium dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu pepaya muda dapat dikatakan memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Meskipun keras, dan juga agak sulit untuk dikonsumsi, pepaya muda juga terasa enak loh, selain enak tubuh juga akan mendapatkan manfaat dari kandungannya.

Apa sih manfaat pepaya muda? 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kates muda atau pepaya muda memiliki kandungan vitamin A,B,C, dan E yang sangat bermanfat untuk kesehatan tubu. Selain itu, pepaya muda juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang akan tidak mudah terserang penyakit.

2. Membersihkan usus
Meskipun agak sedikit keras dan susah untuk dikonsumsi, pepaya muda memiliki manfaat jika dikonsumsi akan dapat membersihkan usus dari kotoran hingga zat-zat beracun yang bisa membahayakan kesehatan kamu. Nah, untuk bisa mengonsumsinya dengan mudah, kamu bisa menjadikan pepaya muda, sebagai jus yang lebih mudah untuk di konsumsi.

3. Meningkatkan produksi ASI
ASI memang merupakan kebutuhan terpenting untuk bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, ibu hamil sering merasa khawatir jika ASI nya tidak dapat memenuhi kebutuhan si buah hati. Nah, untuk itu, para ibu hamil bisa mengonsumsi pepaya muda untuk meningkatkan produksi ASI mereka, supaya si buah hati pun mendapatkan ASI yang cukup dari sang ibu.

4. Menyehatkan pencernaan
Pepaya muda diketahui dapat menjaga serta menyehatkan pencernaan. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah dalam pencernaan kamu bisa mengonsumsi pepaya untuk menyehatkannya kembali, serta memperlancar kerja sistem pencernaan tubuh.

5. Menghindari dari infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih disebabkan oleh berkumpulnya bakteri di dalam saluran kemih. Oleh karena itu, untuk mencegahnya bakteri yang berkumpul di saluran kemih kamu dapat mengonsumsi pepaya muda secara langsung ataupun di buat jus.

6. Menyembuhkan konstipasi
Papain yang ada dalam pepaya muda membantu mengatasi konstipasi secara alami. Bahkan pepaya yang sudah matang pun tak memiliki papain sebanyak pepaya muda.

7. Mengencangkan Payudara 
Sejak lama, para pendahulu kita telah meyakini khasiat buah pepaya muda dalam hal mengencangkan payudara. Kepercayaan ini, dibenarkan oleh penelitian ilmiah, sebab berdasarkan uji klinis ditemukan fakta bahwa pepaya muda mengandung suatu enzim yang merangsang pertumbuhan payudara. Sementara itu, kandungan vitamin A pada buah muda ini mampu merangsang indung telur memproduksi hormon kewanitaan, melancarkan kelenjar payudara dan mengencangkan otot di sekitar payudara. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda disarankan untuk rutin meminum jus pepaya muda yang dicampur susu, madu dan kuning telur.

8. Menguruskan Badan
Para ahli menemukan bahwa kandungan enzim pepaya muda dua kali lebih tinggi ketimbang pepaya matang. Dan enzim ini memiliki efek untuk mengurai protein, lemak dan juga karbohidrat. Konsumsi pepaya muda bisa memperbaiki sistem metabolisme Anda sehingga pembakaran lemak menjadi energi jauh lebih maksimal.

9. Kecantikan
Jus pepaya mentah juga efektif untuk mengatasi gangguan pada kulit wajah, termasuk jerawat, luka bernanah dan cocok untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Selain itu, pepaya mentah juga baik untuk mengatasi gangguan kelancaran haid.

10. Obat Cacing
Campurkan satu sendok makan jus pepaya muda dan madu dalam jumlah sama, tiga sampai empat sendok makan air hangat. Aduk rata dan minumlah separuh jumlah itu untuk anak usia 7 sampai 10 tahun. Setelah minum campuran tersebut, dua jam berikutnya minumlah campuran 30 ml minyak kastor dalam 250 ml susu hangat. Jika perlu, lakukan pengobatan tersebut selama dua hari. Untuk anak usia dibawah 3 tahun cukup minum satu sendok teh campuran tersebut.

11. Mencegah penyakit jantung
Konsumsi pepaya muda secara teratur bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Anda pun dapat terhindar dari penyakit jantung dan hipertensi. Karena itu, sangat baik untuk memasukkan buah pepaya muda ke dalam menu sehari-hari atau cemilan Anda.

12. Nutrisi
Ada vitamin A, C, E folat dan zat antiosidan dalam pepaya muda. Ini dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh Anda. Baik juga untuk diet lho, sebab pepaya muda sangat sedikit kalorinya.


Efek samping:

Ingat! Buah pepaya muda sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil, terutama pada masa-masa awal kehamilan, sebab kandungan senyawa di dalamnya memiliki efek menggugurkan kandungan yang dapat melemahkan membran penting yang memengaruhi kelangsungan hidup janin.


Tips ala kuliner: Agar pepaya muda bisa dimakan dengan nikmat

Tahukah Anda bahwa pepaya muda cukup populer dijadikan sayuran? Rasanya yang khas dan nikmat menjadikan kuliner dari pepaya muda banyak digemari. Jika Anda tertarik dengan manfaat pepaya muda tetapi tak menyukai rasanya yang plain dan cenderung pahit, ada baiknya Anda mengolah pepaya muda terlebih dahulu. Padukan dengan bumbu masakan lainnya agar rasanya semakin maksimal. Di masyarakat sendiri, ada berbagai kuliner yang berbahan utama buah pepaya muda antara lain lodeh pepaya muda, rujak pepaya muda, pepaya muda kuah putih, oseng pepaya muda dengan ebi dan masih banyak lagi lainnya. Pada intinya, dengan sedikit kreatifitas di dapur, rasa pepaya muda pasti akan lebih "ramah" di lidah. 

Atau mungkin sebagian dari Anda juga pernah memanfaatkan pepaya mentah untuk rujak, jika belum maka silahkan coba, karena rasanya nikmat tidak kalah dengan buah yang lain. Selamat mencoba.



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *