09 March 2015

Ternyata pisang bisa bantu cegah stroke pada wanita



Mengkonsumsi pisang dapat membantu mencegah stroke pada wanita. Dengan menyantap makanan tinggi kalium, kemungkinan terjadinya stroke pada wanita pasca menopause dapat berkurang.

Penelitian yang dipimpin oleh Sylvia Wassertheil-Smoller dari Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan konsumsi kalium dapat menurunkan tekanan darah. Namun saat itu belum jelas apakah asupan kalium dapat mencegah stroke.

"Temuan kami memberikan perempuan alasan lain untuk menyantap buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan sumber kalium yang baik, dan kalium tidak hanya menurunkan risiko stroke pada wanita menopause tapi juga kematian," tutur Sylvia.

Selama 11 tahun, 90.137 wanita pascamenopause berusia antara 50-79 tahun diteliti untuk mengamati asupan kalium dan stroke yang terjadi. Pada awal penelitian, tidak ada partisipan yang mengalami stroke. Asupan kalium mereka rata-rata adalah 2,611 mg per hari. Kalium tersebut berasal dari makanan, bukan suplemen.

Hasil penelitian menemukan wanita yang mengonsumsi kalium paling banyak, risiko stroke berkurang 12 persen dibandingkan wanita yang sedikit konsumsi kalium. Adapun partisipan dengan tekanan darah di kisaran normal dan tidak mengonsumsi obat hipertensi, risiko stroke secara umum berkurang 21 persen.

Namun wanita dengan tekanan darah tinggi termasuk yang minum obat hipertensi, konsumsi makanan tinggi kalium tidak menurunkan risiko stroke. Ini memperlihatkan bahwa diet kaya kalium bermanfaat sebelum timbulnya tekanan darah tinggi.

Temuan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association ini menunjukkan bahwa wanita perlu makan lebih banyak makanan tinggi kalium. Pisang, ubi, kentang, dan kacang putih termasuk diantara makanan yang direkomendasikan Sylvia.

Akan tetapi sebelum mengonsumsi kalium dalam jumlah banyak, Sylvia menyarankan wanita melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui asupan kalium yang tepat dikonsumsi. Sebab terlalu banyak konsumsi kalium bisa berbahaya bagi jantung.




Sumber: detikfood.


2 comments:

  1. Di Mana Mana Ada Kemauan Di Situlah Ada Jalan Kesuksesan..!!!

    Assalamu alaikum wr wb.

    saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH BALAPATI yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH BALAPATI dan dengan senang hati MBAH BALAPATI mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH BALAPATI DI (085 392 332 888




    INILAH KISAH NYATA YANG TAK BISA KAMI LUPAKAN SELAMA INI...!!!


    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *